Mekanika Tanah: Teori, Soal dan Penyelesaian

0
3987

Setiap bangunan sipil terdiri dari dua bagian yaitu, bagian konstruksi yang ada di atas permukaan tanah (upperstructure) dan bagian konstruksi yang ada di bawah permukaan tanah (substructure).
Bagian konstruksi di atas oermukaan tanah dapat dikatakan tidak berhubungan dengan masalah mekanika tanah. Tetapi, bagian konstruksi di bawah permukaan tanah sangat erat hubungannya dengan mekanika, karena setiap bangunan pasti akan bertumpu di atas fondasi sebagai bangunan penyangga bangunan atas. Supaya dapat berfungsi dengan baik, fondasi harus memiliki daya dukung, untuk bangunan basah (bangunan yang berhubungan dengan air) perlu dipahami juga permasalahan yang berkaitan dengan aliran air dalam tanah, sehingga hal-hal yang berkaitan penggrogosan dan pelongsoran tanah dapat dihindari.
Buku Mekanika Tanah: Teori,Soal dan Penyelesaian ini disusun bagi para mahasiswa Teknik sipil agar mampu memahami persoalan mekanika Tanah, sehingga bisa memecahkan masalah dalam merencanakan/membangun bangunan sipil. Cakupan materi dalam buku ini berkaitan dengan sifat-sifat berikut: Pemadatan tanah, Permeabilitas tanah, Tekanan dalam tanah, Kekuatan geser tanah, Penyebaran tekanan di dalam Tanah, Konsolidasi dan penurunan, Jarring-jaring aliran, Rembesan pada tanggul atau bendungan tanah, Stabilitas bendung, Analisa stabilitas lereng.
link katalog online