PROFIL PERPUSTAKAAN

Selamat datang di Perpustakaan Politeknik Negeri Bandung.

UPT Perpustakaan hadir bersamaan dengan berdirinya Politeknik ITB yaitu tahun 1982. Letak Perpustakaan pada saat itu di Gedung Direktorat lantai 3. Untuk pengadaan koleksi di bantu oleh Bank Dunia dan Project SIAPP (Second Indonesia Australia Polytechnic Project). Perpustakaan saat itu memiliki Koleksi 3000 eksemplar.
Tahun 1992 Perpustakaan mendapat bantuan untuk pengembangan koleksi dari PT. Dirgantara Indonesia (d/h IPTN) dan Yayasan Asia. Setelah adanya bantuan tersebut Perpustakaan Polban mulai memiliki anggaran sendiri untuk pengembangan koleksi. Pelayanan dan pengolahan di Perpustakaan Polban sudah mulai menggunakan komputer, program ini atas bantuan project SIAPP.
Tahun 2004 Perpustakaan Polban mengikuti Hibah Kompetisi yang diselenggarakan oleh Asia Development Bank, yang disebut dengan TPSDP. Setelah mengikuti dua kali kompetisi dan memenangkan kompetisi tersedut, Perpustakaan Polban mulai mengembangkan sistem manajemennya dengan mengedepankan program digitalisasi, dimana seluruh pengeloaan dan pelayanan dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Tujuannya untuk lebih memudahkan baik dalam pelayanan dan pengelolaan perpustakaan.
Pada bulan April 2016 UPT Perpustakaan menempati lokasi baru yaitu di Gedung Pascasarjana Sains Terapan (Gedung H) Lantai 1. Seiring dengan bertambahnya koleksi baik monografi dan multimedia, kami menyediakan akses komputer dan wifi, ruang teleconference dan ruang multimedia.
Perpustakaan Politeknik Negeri Bandung memberikan 24 jam akses ke katalog buku dan koleksi digital. Anda juga dapat mengunduh e-Book dan e-Journal secara gratis.

Berikut adalah mereka yang pernah dan sedang menjabat sebagai kepala UPT Perpustakaan:

2019-sekarang Erlin Arvelina, S.Sos
2017-2018 Dr. Dra. Sri Nur Yuliyawati, M.Pd.
2006-2016 Dra. Helmi Purwanti, MAP
2001-2006 Dra. Sri Hastuti, Ass. Dip. Lib., M.Pd.

VISI DAN MISI

VISI

Menjadi Pusat Sumber Belajar (Learning Resource Centre) yang mampu memenuhi beragam informasi mutakhir melalui beragam media dalam upaya membantu meningkatkan kwalitas dan kemampuan kerja para lulusan Politeknik Negeri Bandung.

MISI

  1. Menyediakan koleksi mutakhir dan pelayanan yang efektif dengan memberikan akses informasi 24 jam.
  2. Menyediakan berbagai pilihan fasilitas belajar mandiri untuk mencapai prestasi akademik yang optimal.

SUMBER DAYA MANUSIA

Staf Jumlah
Pustakawan 5
Administrasi 1
Security 1
Pramukantor 1

PENGUMUMAN

E-RESOURCES PERPUSTAKAAN


E-BOOK




E-JOURNAL



LAYANAN POLBAN