Lokakarya Pemanfaatan Database E-Journal Ristekdikti

0
131

Undangan Lokakarya Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan Database E-Journal diterima oleh UPT Perpustakaan melalui email. Politeknik Negeri Bandung merupakan salah satu dari 55 institusi perguruan tinggi yang diundang oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk menghadiri lokakarya tersebut.

Lokakarya Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan Database E-Journal dilaksanakan di Ruang Lab. Audit & Media Center, Gedung Manterawu Lt. 3 Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi Terusan Buah Batu pada Hari Selasa, 10 Juli 2018 Jam 09.00 s.d 16.00 WIB. Lokakarya ini diadakan dalam rangka meningkatkan pemanfaatan database e-journals yang sudah dilanggan oleh Kemenristekdikti bagi seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Lokakarya dilaksanakan dengan cara workshop. Para peserta mempraktekkan secara langsung cara mengakses koleksi e-journal tersebut, dipandu oleh para nara sumber yang ahli di bidangnya. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang bersifat teknis maupun kebijakan.

Melalui workshop ini juga diinformasikan bahwa tahun 2018 akses yang diberikan penyedia database untuk Ristekdikti mengalami penurunan bila dibandingkan tahun sebelumnya, oleh karena itu, hanya perguruan tinggi yang betul-betul memanfaatkan secara optimal yang pada seterusnya akan mendapatkan akses database ini. Masa monitoring oleh Kemenristekdikti adalah 1 (satu) bulan setelah workshop berakhir. Apabila pemanfaatannya rendah, maka perguruan tinggi tersebut akan di-black list oleh Ristekdikti dan akses database e-journal akan ditutup.

Jadi, mari kita manfaatkan koleksi yang sudah disediakan oleh Ristekdikti untuk kita dengan optimal, gratis loooh… tinggal akses saja. Untuk username dan password bisa didapatkan di UPT Perpustakaan Gedung H Lantai 1 (Ruang Akses Koleksi Digital).

Akses Jurnal Elektronik Dikti 2018