Keterampilan Menulis

0
50

Menulis adalah proses mengubah pikiran/angan-angan/perasaan menjadi bentuk lambang/tanda/tulisan yang bermakna. Tetapi, penulis tidak bisa seperti membalikkan kedua telapak tangan. Menulis itu harus melalui proses atau tahapan, yaitu tahap prapenulis, penulisan, dan pascapenulisan.
Sebagai suatu keterampilan berbahasa, menulis merupakan kegiatan yang kompleks karena penulis dituntut untuk dapat menyusun dan mengorganisasikan isi tulisan serta menuangkannya dalam ragam bahasa tulis. Aktivitas menulis tidak banyak disukai orang karena merasa tidak berbakat, serta tidak tahu untuk apa dan harus bagaimana menulis. Olah karena itu, tujuan penulisan buku ini untuk memberi kemudahan dan membantu para mahasiswa, dosen, dan guru serta umum agar menguasai ilmu tentang menulis dan mampu menulis. Menulis dapat menjadi suatu kegiatan menyenangkan dan menggairahkan, apabila sesuatu yang memenuhi pikiran kita bisa kita luapkan melalui bentuk tulisan.
Dalam buku ini, penulis memaparkan konsep keterampilan menulis yang meliputi pengertian menulis, tujuan menulis, tahapan menulis, kalimat efektif dan pengembangannya, pengembangan paragraf, perancangan karangan, jenis-jenis karangan (deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi), penulisan karya ilmiah populer dan murni, penulisan makalah, penulisan artikel untuk jurnal ilmiah, penulisan laporan hasil penelitian, penulisan skripsi, dan penulisan surat dinas/resmi. Oleh sebab itu, buku ini sangat baik dibaca olej siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan umum.
link katalog online