Pengenalan Perpustakaan – ELIB Tahun 2017

0
50

Pada tanggal 07 Agustus s.d. 18 Agustus 2017 UPT Perpustakaan mengadakan kegiatan Pengenalan Literasi Informasi (Pengenalan Perpustakaan – ELIB) bagi mahasiswa baru tahun angkatan 2017. Lokasi kegiatan dilaksanakan Ruang Telekonferens UPT Perpustakaan, Gedung Pascasarjana Sains Terapan (Gedung H) Lantai 3, ruang digilib, dan ruang sirkuasi UPT Perpustakaan.

Pelaksana kegiatan literasi informasi ini terdiri atas seluruh staf UPT Perpustakaan Polban, Satpam, dan mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang yang sedang melakukan praktek kerja lapangan. Peserta Literasi Informasi ini adalah mahasiswa baru Politeknik Negeri Bandung tahun 2017 berjumlah 1.834 orang terdiri atas mahasiswa program diploma 3, diploma 4, dan mahasiswa program kerja sama Diploma 2 yang terbagi atas 30 pleton.

Teknis Pelaksanaan Pengenalan Literasi Informasi (Pengenalan Perpustakaan – ELIB) ini dilakukan dalam bentuk presentasi dan diskusi terbuka. Para mahasiswa baru diberikan informasi mengenai layanan dan fasilitas perpustakaan selama kurang lebih 30 menit. Selanjutnnya, mereka dibagi 2 kelompok untuk Library Tour ke Ruang Sirkulasi dan Ruang Akses Koleksi Digital masing-masing selama 30 menit. Hal ini dilakukan agar para mahasiswa baru memiliki pengetahuan tentang lokasi ruangan yang ada di perpustakaan itu sendiri secara langsung sekaligus melakukan praktek pencarian informasi ilmiah
baik secara manual maupun elektronik. Dalam presentasi tersebut, peserta yang terdiri dari para mahasiswa baru ini diberikan penjelasan mengenai layanan-layanan yang tersedia di perpustakaan berikut prosedurnya.

Secara keseluruhan kegiatan Pengenalan Literasi Informasi (Pengenalan Perpustakaan – ELIB) tahun 2017 ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. Para peserta mengikuti seluruh kegiatan dengan antusias hal ini ditandai dengan banyak pertanyaan yang diajukan dan mereka mencoba program yang disediakan di ruang digilib dan menelurusi/ mengobservasi fasilitas di ruang sirkulasi.