Pengenalan Perpustakaan Tahun 2016

0
91

UPT Perpustakaan POLBAN sebagai salah satu unsur penunjang institusi Politeknik Negeri Bandung sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 3 tahun 2006 tentang Statuta Politeknik Negeri Bandung mempunyai tugas memberikan layanan pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menginformasikan layanan yang ada di perpustakaan maka UPT Perpustakaan rutin menyelenggarakan kegiatan pengenalan perpustakaan kepada mahasiswa baru.

Pada tanggal 15 sampai dengan 25 Agustus 2016 kegiatan pengenalan perpustakaan dilaksanakan. Teknis pelaksanaan Pengenalan Perpustakaan ini dilakukan dalam bentuk presentasi dan diskusi terbuka. Dalam presentasi tersebut, diberikan penjelasan mengenai layanan-layanan yang tersedia di perpustakaan berikut prosedurnya, yaitu:

  1. Layanan Sirkulasi, merupakan layanan utama yang pada umumnya selalu ada di setiap perpustakaan, yaitu peminjaman dan pengembalian buku.
  2. Pendaftaran dan persyaratan keanggotaan.
  3. Layanan Referensi (Rujukan), Tugas Akhir, Electronic Library (E-Lib), dan layanan lainnya yang tersedia di perpustakaan.

Peserta juga diberikan penjelasan mengenai lokasi perpustakaan itu sendiri, di gedung mana, lantai berapa, masuk melalui pintu sebelah mana, letak koleksi dan ruangan-ruangan yang tersedia di perpustakaan. Disamping itu, peraturan-peraturan yang berlaku dan tata cara pencarian koleksi di perpustakaan juga diinformasikan kepada para mahasiswa baru.

Seperti pada tahun sebelumnya, pengenalan perpustakaan ini dilaksanakan Ruang Telekonferens UPT Perpustakaan, namun, untuk tahun ini, UPT Perpustakaan sudah pindah lantai 1 Gedung Magister Sains Terapan (Gedung H). Ruang Telekonferens UPT Perpustakaan, saat ini berpindah lokasi ke lantai 3 Gedung Magister Sains Terapan (Gedung H).

Materi yang disampaikan oleh para pembimbing/instruktur, yaitu para pustakawan, mengenai layanan UPT Perpustakaan Polban, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pengguna perpustakaan (pemustaka), khususnya para mahasiswa Polban mengenai fungsi, manfaat, koleksi, fasilitas, dan peraturan perpustakaan dalam lingkungan pendidikan. Sehingga pada akhirnya, diharapkan layanan, koleksi, dan fasilitas yang terdapat di UPT Perpustakaan Polban ini dimanfaatkan secara optimal oleh para penggunanya, terutama oleh para mahasiswa Politeknik Negeri Bandung.

Secara keseluruhan kegiatan Pengenalan Perpustakaan tahun 2016 ini berjalan dengan lancar, para peserta yang mengikuti kegiatan, yaitu para mahasiswa baru, cukup antusias dalam mengikuti seluruh kegiatan. Seluruh mahasiswa baru mengikuti kegiatan ini, kecuali untuk mahasiswa baru berhalangan hadir sesuai jadwal, diberikan waktu susulan beberapa hari setelah jadwal pengenalan perpustakaan berakhir.